Latar Belakang
SMP Al Hikmah Surabaya adalah unit pendidikan YLPI Al Hikmah Surabaya. Sekolah ini berdiri pada tahun 2001 untuk memberikan pendidikan berkelanjutan siswa-siswi baik dari lulusan SD AL Hikmah Surabaya, maupun dari sekolah dasar lainnya. Sebagai sekolah yang baik tentunya kami berkomitmen memberikan layanan pendidikan tidak hanya mengedepankan kognitif (pengetahuan) siswa tetapi juga afektif (akhlaq/karakter baik) dan psikomotor (keterampilan) mereka.
SMP Al Hikmah Surabaya senantiasa menanamkan nilai-nilai keislaman dengan mendidik dan mengajarkan kepada para peserta didik untuk menjalankan ajaran Islam sesuai dengan Al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah SAW. Standar Mutu Lulusan peserta didik kami tidak hanya menghafal pengetahuan tetapi juga mengamalkan sehingga membawa manfaat bagi sesama dan alam semesta. Bukan hanya rajin belajar, tetapi juga rajin sholat, membaca Al-Qur'an, dan bersedekah.
Dengan perpaduan tiga kurikulum yaitu Nasional, Cambridge, dan Khas Al Hikmah memberikan kepercayaan kepada kami untuk mendampingi dan membentuk generasi yang berbudi dan berprestasi.
Visi
Meluluskan peserta didik berakhlak karimah dan berprestasi akademis secara optimal serta menjadi pelaku perubahan kehidupan yang islami.
Misi
- Melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran yang dapat menumbuhkembangkan peserta didik yang memiliki akhlak mulia yang meliputi akhlak kepada Allah SWT, akhlak kepada rasulullah SAW, dan akhlak kepada diri sendiri.
- Melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran yang dapat menumbuhkembangkan peserta didik yang memiliki akhlak mulia yang meliputi akhlak kepada sesama dan lingkungan.
- Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkembangkan peserta didik yang memiliki kecerdasan, pengetahuan, dan keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut serta mampu mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar.
- Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkembangkan peserta didik yang memiliki kemampuan berfikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai potensi yang dimilikinya, menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kehidupan sehari-hari, mendeskripsikan gejala alam, sosial, dan dapat menguasai teknologi informasi serta komunikasi secara optimal.
- Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkembangkan peserta didik yang mampu menjadi pelaku perubahan ke arah kehidupan yang islami.
- Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkembangkan peserta didik yang mampu menjalankan semua perintah Allah SWT dan Sunnah Rasulullah SAW serta mau dan mampu menjauhi segala larangan Allah SWT dan Rasulullah SAW.