Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami 031-8288228

SMP AL HIKMAH KEDATANGAN SAUDARA SEBANGSA DARI SELURUH PELOSOK TANAH AIR

PERINGATAN BULAN BAHASA 2022

SMP AL HIKMAH KEDATANGAN SAUDARA SEBANGSA DARI SELURUH PELOSOK TANAH AIR

Dalam deklarasi “Bangkit Bersama” yang dipimpin oleh kepala SMP Al Hikmah, Ustd Abu Said Qhodri, M.Pd., mengukuhkan pentingnya persatuan kepada seluruh siswa sebagai generasi muda. Persatuan merupakan model perjuangan yang sangat berharga.  Bertempat di Multi Purpose Hall (MPH),  28 Oktober, Jumat pekan lalu, seluruh civitas akademika SMP Al Hikmah, baik guru maupun siswa memakai baju adat sekaligus untuk membuka cakrawala literasi budaya dan kewarganegaraan.  

Dalam sambutannya, Ustad Abu Said Qhodri,  mencontohkan perjuangan Jong Java, Jong Celebes, Jong Ambon yang awalnya bersifat kedaerahan.   Pada 28 Oktober 1928 menjadi momentum dan titik tolak   bersatunya para pemuda Indonesia dari daerah-daerah tersebut.  Peristiwa itu kita kenal dengan Sumpah Pemuda. Dalam butir terakhirnya tertulis,   “Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia.

Dalam lantunan bait-bait puisi  “Gita Cinta Bahasa Indonesia” karya kolaborasi Queen Risma S.A (7E), Corraina Mutiara A. (8E), dan Azzahra Atha Z (9F), semakin menggelorakan rasa cinta kepada Bahasa Indonesia dan tanah air Indonesia.  

Parade busana yang dibungkus dalam gelar kreasi siswa dan siswi  untuk unjuk

kebolehannya. Siswa bertempat di MPH, sementara siswi di Gedung Hikmah Teater (GHT). Siswa dan siswi menampilkan kreasinya sesuai dengan baju adat yang mereka pakai.  Siswa dengan adat  “Suroboyoan” menyanyikan lagu Rek Ayo Rek. Siswi yang berbaju tapanuli menampilkan gerak tari diiringi lagu khasnya Sinanggar Tullo, siswi berbaju adat dari Sulawesi Selatan membawakan tarian kipas dengan menyanyikan lagu Pakarena.

“Tampilan anak-anak luar biasa. Padatnya jadwal pembelajaran, tak mengendorkan semangatnya,” tutur Ustdzah Susiani selaku juri yang juga diamini oleh ustadzah Arifah dan Ustadzah Ayu. “Semuanya layak jadi juara, bagus-bagus!” tambah ustdz Tri Bagus.

Kegiatan ini sebagai wadah siswa dalam menyalurkan bakat serta memperkaya pengetahuannya tentang keanekaragaman budaya Indonesia. Cerdas cermat kebahasaan membuka wawasan seputar bahasa Indonesia dan sejarah lahirnya peringatan bulan bahasa. Dua hari sebelum puncak acara, panitia juga menggelar, lomba cipta puisi dan menulis narasi (Finishing Me Off). Diri kegiatan tersebut terkumpul 47 puisi dan 41 cerita pendek.  Semoga semakin menginspirasi siswa-siswi SMP Al Hikmah dengan tindakan nyata kecintaan terhadap bahasa dan tanah air, Indonesia. Bangkit Bersama! MERDEKA! (sis)