Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami 031-8288228

Juara dalam keberkahan Ramadan

Halal bi Halal dan Penutupan kegiatan Paradise Fair 1443H

Juara dalam keberkahan Ramadan

Suasana pagi yang sedikit mendung tidak menyurutkan langkah kaki seluruh siswa-siswi dan ustadz-ustadzah SMP Al Hikmah Surabaya untuk mengikuti kegiatan Halal Bi Halal di masjid Baitul Hikmah. Semua mengambil air wudhu dan melaksanakan shalat Dhuha sebelum acara dimulai.

Hari ini, Rabu 11 Mei 2022 dilaksanakan "Halal Bi Halal" sebagai penutup kegiatan Paradise Fair 2022. Setelah pembukaan dan tilawah, disampaikan tausiyah oleh Ustadz Katimin tentang keutamaan waktu dan pentingnya mengisi setiap waktu dengan kegiatan yang bermanfaat. Acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah. Senyum cerah dan kebahagiaan terukir jelas di wajah para juara dan siswa penerima apresiasi pada saat menerima hadiah. Kegiatan ini juga menjadi moment paling spesial bagi seluruh siswa dan guru karena dapat bertatap muka secara langsung untuk saling bermaafan dengan tetap menerapkan pola kebiasaan baru yakni menggunakan masker.

Kegiatan Paradise Fair yaitu Gebyar Pekan Aktivitas Ramadhan di Sekolah. Dimana event Paradise Fair itu terdiri dari rangkaian kegiatan panjang yang dimulai dari sebelum datangnya bulan Ramadhan hingga seusai hari raya Idul Fitri. Ustadzah Sakinatum Mabruroh menjadi penanggung jawab kegiatan Paradise Fair 2022 bekerja sama dengan ustadz-ustadzah lainnya dan siswa-siswi pengurus OSIS untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Sesuai dengan rundown acara yang telah disusun, kegiatan pertama adalah "Tarhib Ramadhan" yang dilaksanakan Jumat, 01 April 2022. Ustadz Khoiron Nasihin memberikan tausiyah tentang hal-hal yang perlu disiapkan untuk menyambut Ramadhan dan memotivasi siswa untuk memperbanyak amal ibadah di bulan Ramadhan. Setelah itu, sosialisasi perlombaan. Panitia menginformasikan tata tertib dan aturan dari lomba Classroom Make Over, Poster Inspirasi Qurany dan Video Festival Ramadhan.

Kegiatan kedua adalah "Pekan Lomba dan Berbagi" yang dilaksanakan mulai tanggal 06-25 April 2022. Siswa dan siswi SMP Al Hikmah dimotivasi untuk mengikuti berbagai macam lomba yang diadakan oleh panitia dan berpartisipasi dalam penyaluran zakat dan pemberian bingkisan kepada anak yatim ataupun Dhuafa. Semangat berbagi untuk meraih berkah Ramadhan amat tinggi. Dalam waktu sekitar 2 pekan telah terkumpul dana bingkisan dan zakat lebih

dari 80 juta rupiah, beras lebih dari 5 kwintal ditambah dengan berbagai macam sembako lainnya. Semua telah disalurkan kepada 10 panti asuhan, anak yatim individu, dhuafa, dan para mustahiq zakat yang berjumlah lebih dari 200 orang.

Kegiatan ketiga adalah "Nuzulul Quran" yang diadakan tanggal 19 April 2022. Dengan tema motivasi cinta Al Quran, Ustadz Asrori mengulas tentang keutamaan Al Quran dan memotivasi  siswa-siswi SMP Al Hikmah agar selalu mesra dengan Al Quran, sebab Al Quran adalah pedoman keselamatan di dunia dan akhirat. Seusai ceramah, seluruh peserta menyaksikan penampilan pidato dan drama dari perwakilan OSIS.

Puncak dari event Paradise Fair adalah kegiatan keempat yaitu "Pesan Trend Ramadhan" yang berlangsung selama dua hari. Setiap hari terdapat 2 sesi kegiatan. Sesi pertama pukul 07.45-09.45 WIBdan sesi kedua pukul 10.00-11.30 WIB.

Pada tanggal 25 April 22, Sesi pertama diisi dengan "Talkshow Alumni Menginspirasi". Kak Hasna Mutia Sadewo memberikan motivasi dan semangat untuk meraih mimpi. Ia juga menceritakan pengalaman yang menarik dan membanggakan saat berada di SMP Al Hikmah seperti mengikuti lomba dan berorganisasi. Dilanjutkan sesi kedua dengan "Grand Final Lomba" Classroom Make Over, PostinQ dan Video Festival Ramadhan.

Pada hari kedua 26 April 22, sesi pertama adalah "Kajian Fiqih Praktis" disampaikan oleh ustadz M. Aqil Haidar dari lembaga Darul Fiqhi Jakarta. Beliau menjelaskan tata cara thaharah dan shalat dengan bahasa yang lugas dan mudah difahami siswa. Sesi berikutnya adalah "Khatmil Quran" yang dipandu oleh Ustadz Zainul dan tim Al Qur'an. Setiap siswa mendapat bagian juz masing-masing untuk dibaca, lalu diakhiri dengan doa bersama.

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah subhanahu wa ta'ala yang telah memberikan kelancaran dan kesuksesan pada serangkaian kegiatan Paradise Fair 2022. Semoga semua amal kebaikan yang telah kita lakukan di bulan Ramadhan diterima Allah subhanahu wa ta'ala dan kita diberi kekuatan untuk istiqomah dalam melakukannya di bulan-bulan lainnya.

Reporter: Shiva Nayla Athaya